PBB Ucap Hp Bos Amazon Diretas Berkaitan Masalah Khashoggi

PBB Ucap Hp Bos Amazon Diretas Berkaitan Masalah Khashoggi

Skandal sangkaan peretasan handphone pemilik Amazon, Jeff Bezos, lewat account WhatsApp punya Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, mengundang perhatian banyak faksi. Pelapor Spesial Perserikatan Bangsa-Bangsa bagian pembunuhan di luar hukum serta kebebasan memiliki pendapat, Agnes Callamard dan David Kaye, mengkaitkan momen itu dengan masalah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018.

“Info yang kami terima mengatakan ada sangkaan keterkaitan Putra Mahkota (Mohammed bin Salman) yang memata-matai Bezos dengan arah memengaruhi, bila tidak membungkam, The Washington Post masalah laporan berkaitan Arab Saudi,” kata ke-2 pelapor spesial PBB itu dalam info tercatat, seperti dikutip CNN, Kamis (23/1).

Bezos yang mempunyai media massa The Washington Post disangka jadi target sebab kabar berita masalah Khashoggi. Saat Khashoggi masih hidup, ia jadi kolumnis di media massa itu serta sering mengomentari pemerintah Saudi yang di pimpin Raja Salman serta Pangeran Mohammed. Sesudah kabar berita pembunuhan Khashoggi benar-benar santer dibahas oleh The Washington Post, Bezos sempat mengupload tulisan dengan daring pada Februari 2019 jika ia merasakan jadi lawan Arab Saudi.

Baca juga : Jurnalis Glenn Greenwald Didakwa Lakukan Peretasan Oleh Jaksa Brasil

“Sebaiknya Arab Saudi harus menyelidik pembunuhan Khashoggi serta mengadili mereka yang terjebak, tapi justru lakukan operasi klandestin dengan masif pada Bezos serta Amazon sebab pemilik The Washington Post,” tutur Callamard serta Kaye. Walau demikian, Arab Saudi menyanggah dakwaan itu serta minta agar sangkaan peretasan itu diselidiki.

Menurut pengakuan konsultan keamanan Bezos, Gavin de Becker, pada 31 Maret 2019, Saudi disangka jadi faksi yang mengambil serta mengungkapkan pembicaraan mesra di antara Bezos serta bekas presenter tv wanita yang disangka kekasihnya, Lauren Sanchez. Artikel serta foto-foto mengenai jalinan Bezos serta Sanchez keluar di majalah National Enquirer. Pada Februari 2019, Bezos mengatakan majalah itu akan memerasnya. Tubuh Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) mengaitkan pembunuhan Khashoggi dikerjakan oleh team yang disangka diperintah Pangeran Mohammed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *